Sistem Skeleton Ekstremitas

EKSTREMITAS

I. Extremitas Superior
A. Gelang Bahu
     Gelang bahu adalah persendian yang      menghubungkan lengan dengan badan.  Pergelangan ini mempunyai mangkok yang tidak sempurna karena bagian belakangnya terbuka dan dibentuk oleh rangka tulang skapula, klavikula, dan Humerus.

1) Os Klavikula
    Os Kalvikula atau tulang selangka menyerupai huruf S. Lengkung medialis nya lebih besar menuju ke depan, lengkung lateralis lebih kecil mengarah ke belakang. Ujung medial berhubungan dengan sternum dan disebut ekstremitas sternalis, terdapat tonjolan kecil disebut tuberositas kostalis untuk mengikat ligamentum Kosta klavikular.

2) Os Skapula
    Skapula atau tulang belikat terletak di sebelah posterior gelang bahu, merupakan tulang berbentuk segitiga, pipih, dan mempunyai dua permukaan (fasies), tiga sudut (angulus), dan tiga tepi tulang (Margo). Diantara ketiga tepi tulang ini terdapat angulus lateralis, angulus Superior, dan angulus inferior.



B. Lengan
1) Lengan Atas
a. Humerus
    Humerus atau tulang lengan atas berhubungan dengan pangkal lengan atas (proksimal humeri). Bonggol sendi berhubungan dengan kaput humeri pada skapula. Bagian inferior terdapat kolumna humeri, di bawahnya terdapat tuberkulum mayor dan bagian lateral terdapat tuberkulum minor. Di antara keduanya terdapat sulkus intertuberkularis.



2) Lengan Bawah
a. Os Radius
    Radius atau tulang pengumpil terletak disebelah lateralis dari ulna dan mempunyai dua ujung (ekstremitas).
● Ekstremitas Proksilis
● Ekstremitas Distalis Radii

b. Os Ulna
    Ulna atau tulang hasta adalah tulang panjang berbentuk prisma yang terletak sebelah medial lengan bawah, sejajar dengan radius dan mempunyai dua ekstremitas.
● Ekstremitas Proksimal Ulnaris
● Ekstremitas Distali Ulna



C. Tangan
1) Karpalia
    Karpalia atau tulang pergelangan tangan terdiri dari 8 tulang yang dibagi dalam dua deretan.
a. Deretan proksimal dari radialis kearah
    ulnaris:
    ● Os Navikulare (tulang berbentuk
        kapal)
    ● Os Lunatum (tulang berbentuk bulan)
    ● Os Triquitrum (tulang bersudut tiga)
    ● Os Fisiformis (tulang berbentuk
        kacang)
b. Deretan distalis dari radialis ke arah
    ulnaris:
    ● Os Multangulum Mayus ( tulang
        bersudut besar)
    ● Os Multangulum Minus (tulang
        bersudut kecil)
    ● Os Kapitatum (tulang berkepala)
    ● Os Hamatum (tulang berkait)

2) Metakarpalia
    Metakarpalia atau tulang telapak tangan terdiri dari lima tulang metakarpal dan setiap tulang mempunyai basis (alas, diafise korpus bagian tengah). Kelima tulang tersebut adalah Os metakarpale I-V
Yang pada basisnya mempunyai permukaan sendi berpelana.

3) Falangus
    Falangus Atau tulang jari tengah terdiri dari tulang pipa pendek yang banyaknya 14 buah dan dibentuk dalam 5 bagian tulang yang saling berhubungan dengan metakarpalia. Setiap jari mempunyai 3 ruas kecuali ibu jari memiliki 2 ruas. Bagian ekstremitas proksimal agak rata, korpus distalis agak lengkung ke arah folaris, dan ujung-ujung distalis mempunyai bongkol sendi seperti tabung melintang dan ruas terakhir mempunyai tuberositas yang ditutupi oleh kuku.
14 Buah Tulang Pipa Pendek
● Falanges Distal: 5 buah
● Falanges Medial: 4 buah
● Falanges Froximal: 5 buah




II. Extremitas Inferior
A. Os Koksa
    Kok satu tulang panggul ada 2 , kiri dan kanan dan melekat satu sama lain di garis medianus persambungan tulang rawan yang disebut simfisis Oseum pubis, sehingga terbentuk gelang panggul yang disebut singulum ekstremitas inferior. Dibelakang kedua tulang panggul ini terdapat persendian yang tidak bergerak disebut amfiartrosis sakroiliaka.

1) Os Ileu (tulang usu)
    Linea arkuarta terletak pada permukaan dalam usus ileum, terdapat logo besar disebut fosa iliaka.Permukaan sayap illeum tempat melekatnya otot bokong pada permukaan luar. Pada permukaan medialis  posterior terdapat fasies aurikularis membentuk persendian dengan Os sakrum.

2) Os Pubis (tulang Kemaluan)
    Os Pubis atau tulang kemaluan terdiri dari korpus ossis pubis,ramus superior ossis pubis. Rumus superior melekat pada ramus inferior ossis iskii. Bagian lateralis simfisis pubis tepi atas rumus anterior terdapat tonjolan yang disebut tuberkulum pubikum. Bagian lateralis tuberkulum pubikum terdapat eminensia illopektinea. Diantara kedua tujuan tersebut terdapat ramus Superior agak tajam disebut ossis pubis.

3) Os Iskii (tualng duduk)
    Terdiri dari corpus ramus Superior dan korpus ramus inferior. Korpus ossis Iskii menuju ke bawah membuat sudut dengan ramus inferior ossis Iskii. Sudut ini membentuk tonjolan besar dinamakan tuber iskhiadikum. 



B. Tungkai


1) Tungkai Atas
a. Os Femur
    Femur atau tulang paha pada ujung proksimalnya terdapat kapur femoris yang bulat sesuai dengan mangkok seni (asetabulum).

b. Os Patela
    Patela atau Tulang tempurung lutut ada di dalam Os sesamoideum yang besar di dalam artikulasi Genu. Bentuk tulang ini berupa segitiga yang sudutnya bulat dan berupa tulang pipih.

2) Tungkai Bawah
a. Tibia
    Tibia atau tulang kering ujung proksimal nya dua bongkol kondilus medialis dan kondilus lateralis. Pada permukaan Tibia mempunyai fasies artikularis Superior, dibagi dua oleh Eminensia interkondiloid medial dan lateral.

b. Fibula
    Fibula atau tulang betis terdiri dari kapitulum fibula yang melekat pada bagian belakang atas Tibia. Ujung distal yang menonjol dinamakan maleolus lateralis. Puncak capitulum fibulae dinamakan Apeks kapitulasi fibula.

C. Kaki
1) Os Tarsalia
    Tarsalia atau Pangkal kaki dihubungkan dengan tungkai bawah oleh sendi pergelangan kaki terdiri dari:
a. Talus, berhubungan dengan Tibia dan
    fibula, terdiri dari Kaput talus, Kolumna
    talus, dan korpus tali.
b. Kalkaneus, terletak di bawah talus,
    permukaan atas bagian medial terdapat
    tonjolan yang dinamakan
    sustentakulum tali dibawahnya terdapat
    sulkus muskuliflexor halusis longus.
c. Navikular, bagian medial terdapat
    tonjolan yang dinamakan tuberositas
    ossis navikular pedis. Permukaan sendi
    belakang berhubungan dengan
    os kunaiformis I,II,III.
d. Os Kunaiformi
    • Os Kunaiformi Lateralis
    •Os Kunaiformi Intermedialis
    •Os Kunaiformi Medialis
    Semuanya berbentuk Baji, permukaan proksimal berbentuk segitiga. Puncak dari kunaiformi lateralis menghadap ke atas dari puncak kunaiformi medialis menghadap ke bawah.



2) Os Metatarsal
    Metatarsal mempunyai 5 tulang metatarsal. Bentuk ke lima tulang ini hampir sama yaitu bulat panjang. Bagian proksimal dari masing-masing tulang agak lebar disebut basis ossis metatarsal. Bagian tengah ramping memanjang dan lurus sedangkan bagian distal mempunyai bongkol kepala (kaput ossis metatarsal). Metatarsal I agak besar dari pada yang lain. Metatarsal V bagian lateral basisnya lebih menonjol ke proksimal, disebut tuberositas ossis metatarsal V.

3) Os Falanges Pedis
   Falang pedis merupakan tulang-tulang pendek. Falang I terdiri dari dua ruas lebih besar daripada yang lain. Falana II,III,IV dan V masing-masing mempunyai 3 ruas lebih kecil dan lebih pendek dibandingkan 
falang I.
    Pada kaki terdapat empat buah lengkungan:
a. Lengkung medial, dari belakang ke
   depan kalkaneus.
b. Lengkung lateralis dibentuk oleh
    kalkaneus kuboidea dengan tulang
    metatarsalia.
c. Lengkung longitudinal, lengkung
    melintang metatarsaldibentuk oleh tulang
    tarsal
e. Lengkung transversal anterior, dibentuk 
    oleh Kepala tulang metatarsal pertama 
    dan kelima.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Istilah-istilah Dalam Anatomi Fisiologi

Sistem Endokrin

Sistem Skeleton Trunk